Potensi Zakat PNS Karawang Capai Rp70 M per Tahun

By:
Berdasarkan kalkulasi Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Karawang, jika zakat seluruh PNS di lingkungan Pemkab dan Kantor Kemenang terkumpul, jumlah yang bisa dikelola mencapai Rp70 miliar per tahun.

Namun, saat ini BAZ Karawang hanya mengelola zakat sebesar Rp19 juta per bulan, atau sekitar Rp228 juta per tahun yang hanya dikumpulkan dari PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

“Sepertinya para PNS Pemkab telah mengeluarkan zakat profesinya. Namun tidak diserahkan ke lembaga pengelola zakat. Melainkan diserahkan langsung kepada pihak yang berhak menerima zakat tersebut. Kami tidak ingin berprasangka buruk," kata Asep kepada INILAH.COM, Senin (16/1/2012).

Dia mengatakan BAZ sudah sering menyosialisasikan terkait zakat profesi ini kepada PNS di lingkungan Pemkab Karawang. Namun hingga saat ini, BAZ baru sebatas mengelola zakat fitrah dari para PNS di Pemkab, sedangkan untuk zakat profesi baru dari PNS di lingkungan Kantor Kemenag.

Sementara itu, Bupati Karawang Ade Swara mengaku yakin PNS di lingkungan Pemkab Karawang yang sebagian besar Muslim sudah pasti mengerti soal zakat tersebut. Bahkan, tak menutup kemungkinan jika mereka konsisten mengeluarkan zakat profesinya setiap bulan.

"Kalaupun zakat itu tidak diserahkan ke BAZ, itu persoalan lain," kata Ade.

Salah satu contoh PNS sadar zakat, pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag yang ke-66 beberapa waktu lalu, sudah diserahkan zakat profesi bupati, isteri bupati, dan kepala OPD kepada BAZ. Akan tetapi, dirinya tak mengetahui berapa besaran zakat yang terkumpul tersebut.[jul]
 

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS