Aplikasi Gratis 'Memakan' Baterai Android

By:
Apakah Anda berjuang keras untuk membuat baterai ponsel Anda bertahan sepanjang hari? Menggunakan aplikasi berbayar mungkin bisa membantu.


Diwartakan NewScientist, Senin (19/3/2012), sekira 75 persen dari energi yang digunakan oleh aplikasi gratis di Android dihabiskan untuk melayani iklan, melacak dan mengunggah data pengguna. Biasanya satu aplikasi yang berjalan dapat menguras baterai dalam waktu sekira 90 menit.

Abhinav Pathak, seorang ilmuwan komputer di Purdue University, Indiana, bersama rekan-rekannya mengungkapkan hal itu setelah mengembangkan perangkat lunak untuk menganalisa penggunaan energi aplikasi.

Ketika mereka melihat aplikasi populer seperti Angry Birds, Free Chess dan NYTimes, mereka menemukan bahwa hanya 10 sampai 30 persen dari energi dihabiskan untuk menjalankan fungsi utama aplikasi tersebut.

Misalnya, dalam Angry Birds hanya 20 persen digunakan untuk menampilkan dan menjalankan permainan, sementara 45 persen dihabiskan untuk mencari dan mengunggah lokasi pengguna dengan GPS kemudian mengunduh lokasi yang sesuai iklan melalui koneksi 3G.

Koneksi 3G tetap terbuka selama sekira 10 detik, bahkan jika transmisi data selesai, dan ini mengkonsumsi 28 persen dari energi aplikasi. Pathak menyalahkan kebocoran energi pada inefisiensi dalam kode pihak ketiga yang digunakan pengembang untuk menghasilkan keuntungan pada aplikasi gratis. (fmh

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS