Selamat Datang Era Akses Komputer Murah

By:
Selamat datang era akses komputer murah. Dengan kejelian memaksimalkan pemanfaatan kapasitas komputer, NComputing mengembangkan software dan hardware berbentuk virtual agar satu PC dapat dimanfaatkan oleh banyak pengguna. Setiap pengguna hanya memerlukan monitor, keyboard dan mouse yang dihubungkan dengan sebuah komputer inti (server) yang dipakai bersama-sama.


Namun untuk bisa mengakses dan menggunakan komputer inti, setiap paket perangkat di atas harus dilengkapi dengan sebuah hardware mini sebagai pengganti motherboard, yaitu X-Series dan L-Series. NComputing menyebut X-Series sebagai perangkat keras yang tersambung langsung. Perangkat ini dapat digunakan untuk tujuh sambungan komputer dalam jarak maksimal 10 meter. Artinya,untuk pemanfaatan maksimal sebuah PC secara bersama-sama dengan dibutuhkan enam monitor, mouse dan keyboard serta enam perangkat X-Series.

"Hitungannya (setiap perangkat X-Series) hanya 1 watt. Bandingkan dengan sebuah PC yang membutuhkan 115 watt untuk digunakan," ujar Vice President NComputing Asia Pasific Manish Sharma dalam momen peluncuran dua perangkat terminal ini, Senin (11/8) di Jakarta.

Perangkat L300 ternyata lebih mencengangkan lagi. Satu perangkat ini memungkinkan 30 orang menggunakan komputer dari satu PC atau server yang sama tanpa terikat jarak. Menurut Manish, sistem ini seringkali digunakan dalam satu gedung. Perangkat ini menggunakan sambungan ethernet dan hanya membutuhkan tenaga 5 watt listrik untuk setiap perangkatnya. Untuk keduanya, pengguna tidak perlu menambahkan router, karena telah dilengkapi dengan card ketika membeli paket X-Series ataupun L-Series.

X-Series dijual dengan harga Rp 880 ribu per perangkat, namun pengguna harus membeli minimal tiga perangkat plus satu card seharga Rp 2,52 juta. Sedangkan L-Series dijual dalam dua seri yaitu L-230 yang dilengkapi dengan USB seharga Rp 1,9 juta dan L-130 seharga Rp 1,7 juta.

Menurut Manish, terobosan NComputing menjadi jawaban bagi dunia pendidikan di beberapa negara berkembang dengan penggunaan lebih dari 500.000 komputer virtual yang telah tersebar di 80 negara. Hal ini sekaligus menghemat penggunaan listrik sebanyak 88 juta kilowatts per tahun sehingga mengurangi angka emisi karbon dalam atmosfer. Kelemahannya, jika komputer hostnya hang atau down maka setiap komputer juga akan hang ataupun down.

Menurut Manish, Indonesia yang sedang menggeliatkan teknologi dalam berbagai bidang, seperti program e-learning dan e-government dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi. Institusi dan perusahaan ternama juga disebutkan Manish telah menggunakan perangkat ini, seperti Carrefour, Deloitte dan Fed Ex, bahkan Mabes Polri.

Manish menambahkan NComputing tidak begitu terobsesi soal perolehan rupiah di tahun keduanya di Indonesia, meski mengharapkan tahun ini akan memperoleh dua kali lipat perolehan tahun lalu atas total penjualan hampir 6000 unit. Prioritas utama NComputing adalah mendirikan 100 dealer di Indonesia hingga akhir 2008.

sumber : kompas


[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS