Kelebihan atau Kekurangan Tidur Bahayakan Jantung

By:
hanya kurang waktu tidur, terlalu lama tidur ternyata juga membahayakan kesehatan jantung.

Orang dewasa yang tidur kurang atau lebih dari 6 jam setiap malamnya memiliki risiko besar mengalami masalah pada jantungnya, menurut Dr. Rohit Arora, Kepala Kardiologi Chicago Medical School.

Kekurangan waktu tidur menimbulkan risiko tinggi terkena stroke, serangan dan gagal jantung, kata peneliti. Sementara itu, kelebihan waktu tidur berisiko tinggi mengalami nyeri dada (angina) dan penyakit arteri koroner yakni penyempitan pembuluh darah.


Penemuan ini akan dipresentasikan pafa pertemuan tahunan American College of Cardiology di Chicago. Peneliti sebelumnya juga telah menganalisis data 3.000 pasien berusia lebih dari 45 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur berisiko ganda mengalami stroke dan serangan jantung bahkan 1,6 kali berisiko lebih mengalami gagal jantung. Adapun yang tidur lebih dari 8 jam berisiko ganda terkena angina dan 1,1 kali alami penyakit penyempitan pembuluh darah.

Temuan ini bahkan tetap signifikan setelah dimasukkan faktor-faktor lain seperti usia, tingkat kolesterol dalam darah, perokok, dan obesitas.

sumber

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS