6 Alasan untuk Cicipi GIMP 2.8

By:

GNU Image Manipulation Program (GIMP) adalah peranti lunak Open Source pengolah gambar yang layak jadi pilihan. Versi terbarunya, GIMP 2.8, telah hadir.

Berikut adalah enam hal yang patut jadi alasan bagi pengguna yang mau mencicipi rilis terbaru ini sepeti dikemukakan oleh PC World:

1. Single Window Mode

Sebelumnya, GIMP menganut sistem multi-window, yaitu berbagai jendela akan terbuka dan tercerai-berai saat GIMP dijalankan.

Hal itu sedikit berbeda dengan software pengolah gambar populer Photoshop, misalnya, yang menganut sistem single window di mana hanya ada satu jendela yang terbuka.

Nah, di versi 2.8 terdapat modus single window yang bisa diaktifkan oleh pengguna. Sedangkan berbagai dokumen yang dibuka akan dipisahkan dalam tab masing-masing.

2. Multi-Column Dock Windows


Di versi 2.8 ini, setiap jendela dialog yang bisa ditempelkan (dockable) akan bisa diletakkan dalam beberapa kolom.

Ini berguna, misalnya, untuk pengguna yang memiliki beberapa layar sekaligus. Satu layar akan menjadi tempat semua tools dari jendela tadi dan satu layar khusus untuk kanvas pengolahan gambar.

3. Sunting Teks Langsung


Sebelumnya, GIMP memiliki jendela dialog terpisah untuk menyunting teks pada gambar. Di versi 2.8, penyuntingan teks bisa dilakukan langsung di atas kanvas pengolahan gambar.

4. Simpan dan Ekspor Terpisah


GIMP 2.8 kini membedakan antara proses menyimpan gambar dan mengekspornya. Penyimpanan (Save) berarti menyimpan dokumen dalam format XCF.

Sedangkan ekspor artinya menyimpan gambar dalam format yang berbeda dari format asli GIMP tersebut. Misalnya, untuk menyimpan ke file JPG atau PNG.

5. Pengelompokkan Layer


Di versi terbaru ini GIMP mulai memperkenalkan sistem pengelompokkan pada layer. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan komposisi gambar yang lebih rumit.

6. Cairo


Dari sisi teknis, GIMP 2.8 kini menggunakan Cairo graphics library. Hal ini memungkinkan GIMP menghadirkan grafis yang lebih halus dan "modern".


GIMP bisa diunduh gratis untuk pengguna komputer, baik Windows, Mac ataupun sistem ala Unix (Linux, BSD dan lainnya).

Instruksi untuk memasang GIMP pada komputer yang Anda gunakan bisa dilihat di alamat berikut: http://www.gimp.org/downloads/

Sumber :
PCWorl

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS