Acer Aspire Timeline U, Grafis Handal Suara Gahar

By:



Ultrabook ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-2467M dengan CPU @ 1,6GHz, memiliki RAM 4GB serta kapasitas penyimpanan data sebesar 450GB dan berjalan di sistem operasi Windows 7 Home Premium. Dari spesifikasi tersebut, nampaknya Acer tidak tanggung-tanggung mengusung produk unggulannya itu dengan performa kelas high-end untuk  jajaran perangkat ultrabook saat ini.


Perihal tampilan luar, ultrabook ini tampak terkesan berbentuk bidang. Hal ini wajar karena Acer mengusung layar seluas 15,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Dengan lebar layar tersebut, memungkinkan Anda untuk dapat menikmati pengalaman bermain game yang seru dan menyenangkan, terlebih dengan kualitas suara Dolby Home Theater. Speaker Aspire Timeline U terletak di tepi sudut pada bagian bawah ultrabook. Kualitas audio yang dihasilkan speaker tersebut tampak memberikan nuansa menggelegar dan terdengar powerful, seolah-olah sumber suara berada di sekitar Anda.

Ultrabook ini memiliki ketebalan 20mm serta berat 2,1 kg. Bentuknya yang ramping memungkinkan Anda untuk menyimpannya di ransel maupun tas gendong ketika bepergian. Hanya saja, bobot yang dimilikinya memang membutuhkan sedikit tenaga ekstra bagi Anda apabila perangkat anyar itu ditenteng dalam waktu yang cukup lama.

Hal yang mungkin tidak biasa pada perangkat seperti ultrabook maupun notebook, yakni Aspire Timeline U hadir dengan tombol power (switch on) yang terletak di bagian sisi depan. Sementara semua kelengkapan antarmuka lainnya yang terdiri dari 3 port USB (salah satunya mendukung versi 3.0), ethernet, earphone/speakerphone, power dan High-Definition Multimedia Interface (HDMI) terletak di bagian sisi belakang. Tidak hanya itu, ultrabook ini juga dilengkapi dengan fitur bluetooth, wifi, webcam (1,3MP), mendukung kartu memori SD Card serta DVD-rom. Perihal warna, Acer Aspire Timeline U yang tiba di Okezone hadir dengan warna hitam yang elegan.

Saat ultrabook itu dibuka, Anda bisa menemukan jejeran tuts keyboard dengan panel yang mudah dioperasikan. Ada sedikit perbedaan pada tombol enter, yakni berbentuk agak memendek dan hampir menyatu dengan tombol “” serta sejajar dengan tombol shift yang terletak dibawahnya. Nampaknya Anda harus terbiasa ketika menekan tuts keyboard tersebut untuk dapat mengerjakan tugas-tugas maupun aktivitas pengetikan dengan cepat.

Permukaan bagian dalam ultrabook ini tampak bidang, hal ini bisa memudahkan Anda untuk bisa menempatkan pergelangan tangan serta mengetik dengan nyaman. Selain itu, terdapat touchpad yang bisa Anda gunakan untuk menggerakan kursor mouse, melakukan click kiri dan kanan serta scroll atau geser ke atas dan bawah. Touchpad itu juga mendukung fitur dua jari untuk fungsi tertentu, misalnya mode zoom in atau zoom out.

Pada saat tombol on diaktifkan, proses boot hanya membutuhkan waktu sekira 40 detik dan shutdown 22 detik. Ketika dijajal perihal kecepatan transfer atau copy file sebesar 3,08 GB menggunakan port USB 2.0 dari flashdisk, tercatat waktu yang dibutuhkan sekira 4 menit 28 detik dengan rata-rata kecepatan 13,5 MB/detik. Sedangkan, ketika dicoba menggunakan port USB 3.0 dengan ukuran file yang sama, dapat diselesaikan dengan waktu 3 menit, 1 detik dan memiliki rata-rata 22,5 MB/detik.

Ketika Anda melakukan banyak aktivitas multitasking seperti browsing, menonton video, musik dan sebagainya pada Aspire Timeline U ini, performanya tetap terjaga dengan stabil. Dengan membenamkan RAM 4GB, tentu Anda tidak perlu khawatir mengenai banyaknya aplikasi yang dijalankan. Ultrabook ini tetap dapat menangani aplikasi yang berjalan tersebut dengan lancar.

Aspire Timeline U dikatakan sebagai ultrabook khusus gaming. Kendati demikian, Acer sendiri pun tampaknya tidak secara spesifik menyebutkan bahwa perangkat besutannya itu didesain khusus untuk para penggemar game, meski teknologi grafis yang dibenamkannya memang merupakan teknologi grafis terbaru.

Berdasarkan pengalaman ketika menjajal game Grand Theft Auto IV dan Assassin's Creed: Brotherhood pada ultrabook tersebut, Okezone menemukan Aspire Timeline U memang mampu "mengangkat" dan menghadirkan tampilan 3D yang apik. Hanya saja, dengan pengaturan kualitas grafis maksimal dan berjalan pada resolusi paling mentok di 1366 x 768 pixel, gerakan karakter atau output frame per detik (fps) yang dihasilkan masih terasa belum mampu dinilai mulus 100 persen.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu meragukan kinerja atau kualitas grafis yang ditunjukkan ultrabook ini. Anda tetap bisa memainkan video game 3D dengan cukup lancar, apabila melakukan pengaturan kualitas grafis di tingkat low-medium.

Semakin mutakhirnya sebuah perangkat elektronik, maka panas yang ditimbulkannya juga dapat kian meningkat, begitu juga dengan Aspire Timeline U. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan kipas eksternal yang juga difungsikan sebagai dudukan ultrabook, agar panas yang dihasilkan bisa diminimalisir. Untuk kekuatan baterai, ultrabook ini diklaim oleh Acer mampu bertahan sekira 8 jam.

Kesimpulan
Ultrabook Aspire Timeline U mengusung layar besar dan teknologi grafis terbaru, bisa menjadi pilihan bagi Anda sebagai perangkat hiburan mobile. Desainnya memang terkesan bidang dengan bobot yang tidak ringan, sehingga diperlukan tempat penyimpanan khusus, misalnya ransel yang besar atau tas jinjing yang lebar.

Perihal dikatakannya ultrabook ini khusus game 3D terkini, tetapi kenyataannya tidak sejalan demikian. Namun, Anda masih bisa melakukan pengaturan kualitas grafis ke tingkat "aman" seperti yang telah dikemukakan sebelumnya.

Acer Aspire Timeline U lebih cocok dan lebih tepat, sebagai perangkat hiburan bagi Anda yang gemar menonton movie serta tugas-tugas atau pekerjaan editing yang membutuhkan layar luas. Terlebih lagi dengan membenamkan fitur audio Dolby Home Theater (Profesionally Tuned), secara eksplisit Acer telah menyebutkan ultrabook besutannya itu memiliki kekuatan suara gahar ketika Anda menyaksikan film-film kesayangan serta kualitas suaranya yang sudah tidak diragukan lagi.

Belum diketahui secara pasti berapa banderol harga yang akan diberikan pada ultrabook ini dan kapan mulai beredar, khususnya di Indonesia. Berdasarkan informasi dari Cnet, terungkap Aspire Timeline U bakal dibanderol dengan harga sekira 600 poundsterling atau Rp8,4 juta dan kabarnya akan mulai tersedia pada kuartal kedua 2012.

Spesifikasi
-Tipe Produk : Ultraportable
-Manufaktur CPU : Intel
-Tipe CPU : Intel Core i5-2467M
-Keluarga OS : Microsoft Windows
-Sistem Operasi : Windows 7 Home Premium 64bit
-Drive Optik : DVD writer
-Warna : Hitam
-Luas Layar : 15,6 inci
-Berat : 2110 gram (2,1kg)
-Ukuran Body : 375x20x252 mm (fmh)

okezone

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS