AMD Trinity Diluncurkan, Mampu Ungguli Ivy Bridge

By:
AMD hari ini (15/5) resmi mengumumkan keberadaan prosesor seri Trinity, APU generasi kedua penerus seri Llano. Peluncuran ini menandai kesiapan AMD untuk bersaing dengan Intel di ranah prosesor hemat daya (low power).

AMD Trinity diproduksi dengan proses fabrikasi 32nm dengan ukuran die sedikit lebih besar dibanding Llano, yakni 246 mm2. Trinity memuat lebih banyak transistor (1,3 miliar unit) tapi justru lebih hemat daya daripada Llano, yaitu 17W (untuk model dual-core) dan 35W (quad-core).

Perbaikan pun dilakukan pada feature Turbo Core, kemampuan GPU, serta AMD HD Media Accelerator Suite yang meliputi berbagai feature untuk meningkatkan performa multimedia, seperti AMD Perfect Picture HD, AMD Quickstream, AMD Video Converter, AMD Steady Video, dan AMD Eyefinity.

Dalam debutnya, Trinity tersedia dalam lima pilihan tipe, masing-masing A10-4600M, A8-4500M, dan A6-4400M yang menyasar notebook berukuran standar, serta A10-4655M dan A6-4455M yang menargetkan notebook ultratipis (sekelas ultrabook besutan Intel).



Ya, AMD Trinity memang akan berduel secara langsung dengan Intel Ivy Bridge. Namun, hasil uji tahap awal menunjukkan gacoan AMD ini mampu unggul dalam hal grafis multimedia dan gaming.

Dalam uji pemutaran video HD dengan HQV 2.0 misalnya, AMD A10-4600M memiliki kualitas 13% lebih baik dibanding Intel Core i5-2520M. Untuk uji gaming 3D dengan 3D Mark Vantage/3D Mark 11, AMD melesat hingga 2,25 kali lipat dibanding Intel. Begitu pula dengan uji komputasi GFLOPs, AMD jauh meninggalkan Intel sampai 654%.

Peningkatan performa ini antara lain disumbangkan oleh debut mikroarsitektur Piledriver yang menggantikan desain sebelumnya, Bulldozer, yang tampil mengecewakan.

Dikutip dari BBC, arsitektur Piledriver pada chip Trinity memperkenalkan teknik penghematan energi bernama resonant clock mesh technology. Ini memungkinkan chip mengonsumsi energi yang telah di-“daur ulang” ketika mengerjakan kalkulasi. Hasilnya, total konsumsi daya bisa lebih rendah 10%.

AMD mengklaim, notebook berbasis Trinity dapat bertahan hingga 12 jam. Salah satu produk yang kabarnya siap dipasarkan pada Juni mendatang adalah seri Sleekbook dari HP. Harganya yang dibanderol mulai US$599 menjadikan Sleekbook dipandang sebagai alternatif menarik dari Ultrabook yang saat ini dihargai US$200 lebih tinggi.


 AMD Trinity Diluncurkan, Mampu Ungguli Ivy Bridge - Majalah Info Komputer Online - AMD Trinity Diluncurkan, Mampu Ungguli Ivy Bridge Selasa, 15 Mei 2012 17:21 | Ditulis oleh Erry FP. |

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS