Cartoon Wars, Game Menghibur yang Bikin Nyandu

By:
Jakarta - Bagi pecinta game ringan di iOS, tentu tidak asing dengan permainan Cartoon Wars. Game besutan Game Evil ini, kini hadir untuk platform Android. Walau sudah hadir di Google Play sejak 12 Maret 2012 silam, akan tetapi masih menarik untuk dikupas secara mendalam.

Cartoon Wars ini berbeda dengan versi Cartoon Wars: Gunner+ yang sudah terlebih dahulu hadir beberapa bulan sebelumnya di Android. Kendati hanya game ringan, namun permainaan yang menggabungkan strategi bertahan dan real time ini membuat addicted sekaligus menghibur.

Pasukan Kurus vs Pasukan Tengkorak

Secara gameplay, tidak ada perubahan yang terlalu signifikan antara Cartoon Wars versi Android dengan iOS. Inti permainannya sama, mengajak gamers untuk bertarung melawan musuh dengan beragam pasukan dengan tujuan menghacurkan benteng. Bila benteng musuh hancur, kita menang. Namun bila benteng pemain yang hancur, maka pemain yang kalah.



Bagi yang baru pertama kali memainkan game Cartoon Wars ini, tentu saja merasa lucu dengan pasukan kurus dengan senjata pedang atau tombak melawan pasukan tengkorak yang besar. Tapi tenang, di situlah letak keasyikannya.

Untuk menambah pasukan, pemain harus mengumpulkan poin yang disebut dengan 'Mana'. Contohnya, untuk 10 Mana maka pemain berhak menambah 1 pasukan, setiap pasukan dengan senjata yang berbeda tidak sama 'Mana' yang dibutuhkan. Setiap musuh yang dikalahkan, maka pemain berhak mendapatkan Gold dan Diamond.

Gold dan Diamond ini berguna untuk membeli pasukan dan menambahkan kemampuan senjatanya. Sama seperti di versi iOS, daftar bawaan pasukan di Cartoon Wars ini juga sama, yakni Warrior, Ninja, Gunner, Cannon, Black Wizard, Dark Angel, Golem dan Green Goblin.



Untuk memperkuat benteng juga dapat di-upgrade dengan pilihan: Damage, Range, Fire Speed dan Castle HP.

Supaya lebih cepat mendapatkan Mana dan Mana Booster ada pilihan pembayaran. Bisa dengan Gold atau Diamond, yang terdiri dari Gold, Mana-1, Mana-2 dan Cool Time.

Beda iOS dan Android

Game ini termasuk dalam kategori freemium. Artinya pemain dapat mengunduhnya secara gratis. Akan tetapi untuk meningkatkan kemampuan pemain terpaksa membeli dengan uang asli melalui store yang disediakan.

Ini yang menjadi perbedaan antara versi Android dan iOS, di iOS pemain hanya mengumpulkan Gold saja, tapi di versi Android juga dibutuhkan Diamond merah delima. Diamond ini juga dibutuhkan untuk membeli pasukan selain Gold. Tapi jangan harap bisa mendapatkan Diamond dengan banyak sekaligus.



Namanya juga freemium, ya mau tidak mau pemain harus membeli Diamond. Pasalnya setiap level yang dibutuhkan, pastinya musuh mempunyai kekuataan yang luar biasa. Tentu saja tidak cukup hanya sekedar pasukan yang biasa-biasa saja. Satu pasukan super, setidaknya membutuhkan 5 Diamond.

Maknyus di Layar Lebar

Keunggulan yang didapatkan di Android adalah dapat dimaksimalkan untuk berbagai perangkat dengan layar yang berbeda. Saat detikINET menjajal game ini di HTC One X dengan layar 4,7 inchi, rasanya lebih maknyus ketimbang saat dicoba di iPhone 4S dengan ukuran yang lebih kecil.

Secara kesimpulan, game ini tidak membutuhkan memori yang besar karena grafis yang ditawarkan juga lumayan. Cocok dimainkan di kala menunggu orang atau di sela-sela kesibukan.

Untuk memainkan versi Android yang digunakan haruslah kelas 2.2 (Froyo) ke atas. Bila tertarik langsung saja unduh di Google Play.


detikInet : Cartoon Wars, Game Menghibur yang Bikin Nyandu -  Susetyo Dwi Prihadi - detikinet Senin, 07/05/2012 15:15 WIB

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS