Melirik Perkembangan linux (Red Hat) di Indonesia

By:
Kini perkembangan open source berbasis linux  sampai saat ini pun tidak kalah dalam persaingan dengan basic yang berbayar, ini sudah dibuktikan dengan sistem operasi Red Hat yang berkantor pusat di Singapura  menduduki posisi teratas, mendominasi pasar secara keseluruhan (chip online) dan  Perusahaan berbasis di North Carolina, Amerika Serikat  berhasil menjadi perusahaan open source pertama yang membukukan pendapatan hingga US$ 1 Miliar! (Jagat review).

Perkembangan Red Hat memberikan solusi pada perusahaan untuk mengembangkan bisnis karena Red Hat memiliki komunitas pengembang sehingga dapat menyediakan banyak open source bagi pelanggan yang menggungkan Platrom linux Red Hat.

Di Indonesia pada saat acara media briefing yang berlangsung di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu, 25 April 2012, Damien Wong selaku General Manajer Red Hat ASEAN,  menuturkan, 
bangsa indonesia akan mengalami kemajuan teknologi yang di tandai adobsi virtualisasi di indonesia sudah banyak dan pelajar indonesia yang melek teknologi sudah cukup banyak. Kedepannya bangsa indonesia dalam urusan teknologi untuk pengembangan bisnis akan lebih baik. (kesimpulan penulis)
Referensi Online :
-Di informasikan oleh chip online dengan judul Open Source Red Hat Raih Pendapatan di atas 1 Milyar Dollar, beberpa point yang diambil antara lain,
  1. Red Hat Mempromosikan produk untuk kalangan bisnis walaupun berbasis open source namun keuntungan bisa diatas 1 milyar dollar, bukan saja dalam platfrom linux namun sudah masuk virtualisasi dan komputasi awam (cloud)
  2. Jenis Red Hat yang dikembangkan antara lain :
    1. Red Hat Enterprise Virtualization 3.0 pada Janurari 2012
    2. Red Hat Enterprise Linux 6.2, JBoss Operations Network 3.0
    3. JBoss Enterprises Portal Platform pada Desember 2011
    4. OpenShift serta CloudForms pada May 2011
  3. Patner Red Hat untuk mengembangkan bisnis antara lain :
    1. NYSE Euronext pada sektor financial services
    2. Duke Cancer Institute di sektor healtcare
    3. DreamWorks di sektor entertainment dan media
    4. Dan masih banyak lagi teramsuk Amazon.
  4. Beberapa lembaga dan perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan Red Hat untuk pengembangan Edukasi maupun Bisnis antara lain :
    1. Plaza Indonesia di sektor property
    2. Universitas Terbuka di sektor education
    3. Trimegah pada sektor securities
  5. Red Hat Secara garis besar merupakan kumpulan open source, Red Hat menghadir Red Hat Stroge untuk mengatasi big Data serta stabilisasi terhadap hardware dan software yang bersertifikat.

-DiInformasikan Tempo.co dengan judul Masa Depan Open Source di Indonesia Cerah
Informasi yang secara garis berisikan pendapat Damien Wong selaku General Manajer Red Hat ASEAN, beberapa pendapat Damien Wong yang dikutip :

  1. Prospek kedepan teknologi informasi di indosia akan lebih baik dengan indikasi jumlah pelajar memahami teknologi cukup besar , seperti yang dikatakan oleh Damien wong  dalam acara media briefing yang berlangsung di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu, 25 April 2012:
    • Karena jumlah penduduk Indonesia dari kalangan terdidik sudah cukup banyak memahami persoalan teknologi
  2. Perusahaan besar akan bergantung pada teknologi open source indikasinya dengan memempekirakan tahun 2013 mendatang 85% software komersil akan beralih ke teknologi open source, menurut Damien Wong.
  3. Adobsi virtualisasi yang diterapkan di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup besar.
-Diinformasikan oleh Jagat rivew dengan judul Red Hat Catatkan Prestasi di Bisnis Open Source | Jagat Review –, inti dari pembahasan adalah Red Hat, salah satu perusahaan yang cukup dikenal melalui distribusi sistem operasi Linux-nya, berhasil mencatatkan prestasi mengesankan di bisnis software open source. Perusahaan berbasis di North Carolina, Amerika Serikat, tersebut berhasil menjadi perusahaan open source pertama yang membukukan pendapatan hingga US$ 1 Miliar! Keberhasilan tersebut mereka catatkan di tahun fiskal ke 12 mereka, yang berjalan mulai Maret 2011 hingga Febuari 2012.

Informasi  diambil dari beberapa sumber mungkin bisa menjadi sumber informasi anda.
Bagaimana menurut anda mengenai perkembngan linux di indonesia ini ?

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS