Ponsel Cerdas Berlomba Upgrade 'Otak' ke Dual Core

By:

Jakarta - Kebutuhan konsumen akan performa yang tinggi terhadap ponsel cerdasnya, membuat vendor berlomba-lomba menciptakan handset dengan prosesor 'berotak besar'.

Awalnya kedatangan ponsel dengan multicore tidak terlalu mencolok, yang tahun lalu pertama kali diusung oleh LG Optimus 2X. Namun kini berubah, sudah semakin banyak prosesor dengan core lebih dari satu.

Dalam laporan yang dikeluarkan Strategy Analtytic, ponsel cerdas yang beredar di pasaran saat ini, 20% di antaranya sudah menggunakan prosesor dual core. Ya, memang artinya prosesor single core masih mendominasi.

Satu hal lagi yang cukup menarik, sebagian prosesor yang dibuat bukan oleh manufaktur seperti Qualcomm, Nvidia atau Texas Instrument, namun melainkan Samsung.

Bahkan menurut data yang dikeluarkan Strategy Analytic, prosesor besutan Samsung tersebut menguasai pasar hingga 60%.

Tidak perlu heran memang, selain chip dual core dibuat untuk smartphone-nya sendiri, Samsung membuat juga untuk handset lain. Bahkan perangkat Apple seperti iPhone 4S juga dibuatkan prosesornya oleh vendor asal Korea Selatan tersebut.

Sehingga tidak mengherankan bahwa prosesor Samsung telah memimpin, diikuti oleh Qualcomm, TI dan NVIDIA. Demikian yang dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (10/5/2012).

sumber: inet.detik.com



[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS