REVIEW: HTC One V Spesifikasinya di bawah One X.

By:


Seakan ingin menyaingi kesuksesan seri Samsung Galaxy, produsen ponsel asal Taiwan HTC pun merilis seri HTC One. Sebagai andalan, tentu saja HTC berharap kepada HTC One X, smartphone dengan prosesor quadcore dan fitur kamera terbaik. HTC One X pun berhasil mencuri perhatian saat pertama kali diperkenalkan di ajang Mobile World Congress kemarin.

Selain HTC One X, terdapat juga HTC One V. Namun, berbeda dengan HTC One X, HTC sepertinya mengincar pasar kelas menengah. Ini bisa terlihat dari spesifikasi HTC One V yang di bawah HTC One V.

Meski memiliki spesifikasi di bawah HTC One X, One V tetap dilengkapi dengan sejumlah fitur yang terdapat di One X. Fitur itu antara lain, teknologi kamera ImageSense dengan aperture F2.0 dan teknologi BeatsAudio.


Tapi seperti apa performa HTC One V secara keseluruhan? Berikut ulasannya:

Desain:

HTC One V memiliki layar 3,7 inch dengan Gorilla Glass dan resolusi 480x800p, dengan desain body yang ramping dan memanjang. Bentuknya yang selintas menyerupai ponsel candy bar dilengkapi dengan curve di tiap sudut, dan lekuk yang menonjol di bagian bawah, khas HTC. Ini mirip desain HTC Legend atau HTC Salsa.

Tonjolan di bagian bawah ini sepertinya untuk grip atau genggaman, sehingga ponsel lebih nyaman digenggam, terutama dalam posisi horisontal. Selain itu, bagian ini juga untuk menyimpan kartu SIM dan micro SD, yang dibuka dengan cara seperti memotek.

Di bagian muka, tidak ada tombol selain tiga tombol sentuh. Tombol itu adalah back, home, dan multi-tasking.

Di sisi kiri ponsel, terdapat lubang mini USB untuk charge dan transfer data, dan di sisi kanannya terdapat tombol volume. Sedangkan di atas terdapat lubang untuk headphone dengan jack 3,5 mm dan tombol on/off.

User Interface:

Untuk User Interface, One V menggunakan sistem operasi Ice Cream Sandwich, yang secara default memiliki lima ikon di bagian bawah. Kelima icon itu memang fungsi yang sering digunakan di smartphone, yaitu call, email, menu, message, dan camera.

Secara default, One V memiliki lima halaman, dengan sejumlah widget yang terpasang. Antara lain agenda, message, HTC Hub (calendar and weather), google search, dan contact. Tapi tentu saja halaman bisa dikustomisasi untuk ikon, widget, juga wallpaper.

Sistem operasi Ice Cream Sandwich yang digunakan HTC One V memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan multi-tasking. Jika sedang membuka suatu app, Anda pun bisa membuka app lain tanpa harus terlebih dulu menutupnya, dan hanya dengan menekan tombol multi-tasking untuk memilih app yang akan dibuka.

Performa dan Kinerja:

One V menggunakan prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1 GHz, ini menjadikan proses kerja ponsel ini cukup cepat. Selain itu, One V juga dilengkapi dengan GPU Adreno 205 yang berpadu dengan teknologi Sense 4 dan Android ICS menjadikan grafis berjalan cukup lancar.

Karena itu sejumlah game yang dimainkan pun berjalan cukup cepat. Begitu pula saat streaming video, gambar yang dihasilkan terbilang baik.

Tapi dalam uji benchmark menggunakan Quadrant Standard, One V mencapai angka 1916, dengan penjabaran CPU 2041, memori 888, I/O 4581, grafis 2D 403, dan grafis 3D 1665. Hasil ini masih di bawah Samsung Galaxy Nexus.




Dengan spesifikasi itu, One V memiliki daya tahan baterai yang lumayan. One V bisa digunakan seharian, tentu dengan catatan penggunaan normal dan tidak terus menerus, apalagi untuk game aplikasi yang memang boros baterai.

Untuk jaringan, One V hanya bisa berjalan di jaringan 2G dan 3G. Sedangkan untuk konektivitas One V dilengkapi dengan Wi-Fi, port micro-USB, dan bluetooth 4.0.

One V juga dilengkapi dengan penyimpanan internal hingga 4GB dan 512 MB RAM. Ponsel ini juga dilengkapi slot microSD, untuk penyimpanan eksternal hingga 32 GB. Selain itu, HTC pun melengkapinya dengan tambahan penyimpanan cloud melalui akun Dropbox.

Kamera:

HTC memiliki slogan "Amazing camera. Authentic sound" di seri One-nya. Karena itu One V pun dilengkapi dengan fitur kamera terbaik. Sayangnya, One V hanya dilengkapi kamera dengan resolusi 5 MP.

Sehingga, meski One V dilengkapi teknologi kamera ImageSense dengan aperture F2.0, hasilnya tak sebaik One X yang memiliki 8 MP.
Tapi ini tak berarti hasil foto One V dianggap jelek. Teknologi SmartFlash menjadikan jepretan One V memiliki hasil bagus di tempat yang memiliki sedikit cahaya (low light), baik itu indoor atau malam hari.


BeatsAudio:

Dengan fitur ini, sistem audio yang dihasilkan One V bisa dinilai baik. Suara terdengar jelas dan tidak pecah. Speaker pun diletakkan di sisi bawah bagian tonjolan. Sehingga suaranya tidak terpendam jika telepon diletakkan dalam posisi horisontal.

HTC Car:

Ini merupakan fitur yang didesain untuk menggunakan ponsel ini di dalam mobil. Sejumlah ikon dibuat besar, sehingga mudah untuk disentuh meski pengguna dalam posisi mengemudi.

Sejumlah ikon yang ada di fitur ini pun memiliki fungsi masing-masing. "Phone" berfungsi untuk mempermudah panggilan telepon. Sedangkan "Music" untuk mendengarkan musik.

"HTC Locations" akan membantu pengemudi untuk menjadi direktori arah. Sedangkan "Internet Radio" berfungsi untuk mendengarkan radio, dari streaming internet.

Harga:  Rp 2.925.000,00

Spesifikasi:
Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 (2G), HSPA/UMTS Triband 850/900/ 2100 (3G)
Dimensi: 120.3 x 59.7 x 9.2 mm / 115 gram

Layar: 3,7" WVGA Super LCD 2 screen, 480x800p.

Memori: 4GB (internal), micro SD hingga 32 GB, 512 MB RAM

Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth v4.0 with A2DP, microUSB v2.0

Kamera: 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash, Video Record 720p@30fps

OS: Android OS, v4.0.3 (Ice Cream Sandwich)

Prosesor: 1 GHz, Qualcomm MSM8255 Snapdragon chipset, Adreno 205

Browser: HTML5, Adobe Flash

Fitur: via Java MIDP emulator, Fitur tambahan: Radio FM with RDS - Beats Audio - SNS integration - Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk - Document viewer - Voice memo/dial - Predictive text input Baterai: Built-in rechargeable Li-polymer battery 1500 mAh (eh)

tekno vivanews

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS