Tahun 2012 Kejahatan Internet Diprediksi Semakin Meningkat

By:
Bentuk penipuan online (phising) yang merupakan bagian kejahatan internet (cyber crime) diprediksi akan terus meningkat pada tahun 2012. Perbankan diwajibkan untuk melakukan edukasi pada nasabahnya tentang modus penipuan online yang kian beragam selain itu juga menyediakan piranti lunak yang aman dan canggih.

Menurut Yudhi Kukuh, Technical Consultant dari PT Prosperita ESET Indonesia penyedia layanan pengaman internet, mengatakan phising telah memakan banyak memakan korban terutama berkaitan dengan internet banking. Yudhi mencatat, ada dua bank besar Indonesia yang menjadi target utama phising, modusnya nasabah memperoleh email dengan dalih untuk reaktivasi rekening. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga mencatat selama tahun 2011 terjadi kejahatan internet di dunia maya sebanyak 176 kasus.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku kejahatan dunia maya sepertinya tidak pernah kehabisan akal untuk menyelinap pada sistem. Pada awalnya phishing sangat sederhana, hanya dengan mengetikkan informasi yang ingin diperoleh lewat email lalu dikirimkan. Sayangnya, filter spam tidak selamanya bisa mencegah phising. Phising juga mengalami perubahan yang signifikan, dengan memberi direct link email, lalu link email itu berubah seperti email yang terkesan profesional dari lembaga tertentu sebagai kedok.

Nasabah lembaga keuangan terutama bank merupakan target utama dari phising di negara Indonesia. Dengan memanfaatkan nomor rekening bank, nomor kartu kredit, User ID dan PIN pelaku penipuan untuk mengakses rekening dan menguras habis isi rekening. Sampai saat ini masih banyak user yang tertipu dan menjadi korban. Menurut Yudhi, edukasi dari bank sangat memegang peran penting. Bagi kebanyakan orang, serangan malware dan phising adalah isu baru.

Pada kenyataannya, media transaksi keuangan online banking akan semakin meningkat dan banyak digunakan pada tahun 2012. Untuk itulah sobat Pusat Teknologi harus lebih hati-hati lagi dalam berbelanja online. Selain itu, alangkah baiknya pihak bank perlu menyebarluaskan topik penanggulangan kejahatan internet (phising) tersebut agar keamanan konsumen terjaga.

 Tahun 2012 Kejahatan Internet Diprediksi Semakin Meningkat - Tahun 2012 Kejahatan Internet Diprediksi Semakin Meningkat

[edit]

Pasang INTERNET FASNET PLUS TV KABEL FIRSTMEDIA
Pasang FIRSTMEDIA internet speed hingga 100mbps + CHannel TV HD hingga 50HD hub 087777313417 only SMS